Periksa 5 Hal Ini Sebelum Membeli Kartu MicroSD

Beberapa smartphone terbaru telah dilengkapi dengan dukungan memori internal yang cukup besar disertai dukungan slot micro SD.

Karena dirasa masih kurang dengan memori internal yang dibawanya, atau karena suka ngoprek, bukan tidak mungkin kamu masih membeli micro SD.

Tapi hati-hati loh saat membeli kartu memori atau micro SD. Selain ada banyaknya micro SD palsu, jika kamu salah membeli MicroSD dampaknya kamu akan rugi uang. Biar gak rugi, kamu harus tahu cara memilih micro SD yang tepat.

Bahaya Jika Salah Memilih MicroSD
Seberapa besar sih kapasitas memori internal yang dibutuhkan oleh sebuah smartphone? Jika menghitung kebutuhan untuk menyimpan foto, video, musik dan aplikasi serta game, maka kapasitas memori internal sebesar 32 GB sudah cukup ideal.

Jika masih kurang, tambahkan saja memori eksternal untuk menampung semua file foto atau video, serta musik. Smeentara memori internal digunakan untuk menyimpan game dan aplikasi.

Tapi ingat, jangan sembarangan memilih kartu memori atau micro SD! Soalnya kalo sampe salah beli, kamu bisa rugi buang-buang uang tapi gak terpakai, atau bahkan merusak smartphone kamu.

Makanya sebelum membeli micro SD, pastikan dulu smartphone kamu mendukung micro SD jenis apa, dan berapa kapasitas maksimal yang didukungnya.

Cara Memilih MicroSD yang Tepat Untuk Smartphone Kamu
Smartphone dengan kapasitas memori internal 16 GB sudah pasti sangat membutuhkan dukungan memori eksternal. Tanpa dukungan memori eksternal, memori smartphone kamu jadi sesak dan beresiko membuat smartphone jadi lemot.

Nah, biar gak ada kasus kamu salah beli MicroSD, yuk perhatikan hal-hal berikut!

1. Perhatikan Jenis MicroSD
Sepintas kamu mungkin menganggap semua micro SD itu sama. Padahal, ada pembeda yang cukup kentara di MicroSD, yakni jenis SDHC (Secure Digital High Capacity) dan SDXC (Secure Digital Extended Capacity).

Perbedaan keduanya ini mengacu pada besar kapasitas maksimal yang didukung. SDHC adalah jenis MicroSD dengan kapasitas 2GB hingga 32GB, sementara SDXC sudah mendukung 32GB hingga 2TB. Jika ternyata kamu menemukan micro SD 64 GB dengan tanda SDHC, bisa dipastikan itu memori eksternal palsu!

2. Perhatikan dukungan memori eksternal smartphone
Satu foto dengan resolusi maksimal 16 MP bisa menghasilkan besaran file foto kira-kira 7 MB. Jika memiliki MicroSD sebesar 32 GB, kamu bisa menampung hingga kira-kira 4500 foto.

Karena hal itu bisa saja kamu membeli memori eksternal dengan kapasitas 64 GB atau bahkan 128 GB agar leluasa. Tapi, apa smartphone kamu mendukung memori eksternal dengan kapasitas sebesar itu?

Untuk itu, pastikan dulu seberapa besar dukungan memori eksternal yang bisa dibaca oleh smartphone kamu. Karena jika tidak sesuai, maka dampaknya micro SD yang kamu beli tidak dapat digunakan. Rugi, kan? Berikut beberapa daftar smartphone dan kapasitas memori eksternalnya.

3. Kecepatan Micro SD
Kecepatan MicroSD menentukan seberapa cepat kemampuannya dalam membaca dan menuliskan data. Semakin cepat kecepatan MicroSD yang kamu gunakan, semakin cepat pula kamu bisa mengelola semua file yang ada di dalam micro SD.

Jika kamu adalah pengguna smartphone yang aktif menggunakan konten multimedia di smartphone, sebaiknya minimal pilih micro SD class 10.

Oh iya, kecepatan micro SD juga ditentukan apakah jenis speed-nya UHS atau masih sebatas class. UHS adalah kepanjangan dari Ultra High Speed, yang mana lebih cepat dari sebatas yang hanya memiliki class saja.

Untuk membedakannya, di permukaan kartu memori kamu akan mendapati huruf U dengan angka 1 atau 2 untuk yang UHS, sementara untuk yang type class akan nampak huruf C yang disertai angka class-nya.

4. Perhatikan Fitur
Beberapa micro SD dibekali fitur bawaan yang tidak dimiliki oleh MicroSD jenis lain. Seperti SanDisk yang menyediakan dukungan aplikasi SanDisk Memory Zone dengan dukungan fitur Easy File Management, BackUp Protection, dan Fast Access. Selalu perhatikan fitur yang ditawarkan oleh micro SD yang kamu beli ya!

5. Garansi
Siapa sih yang berharap barang yang dibelinya gak awet? Tapi ya sometimes sh*t happens, makanya selalu luangkan waktu untuk memperkirakan garansi dari barang yang kamu beli.

Bukan hanya saat membeli smartphone, kartu memori juga butuh garansi loh. Beberapa merek ternama menawarkan dukungan garansi 1-3 tahun untuk jaminan jika ada kerusakan (bukan human error).

Itu dia hal-hal yang harus kamu perhatikan saat membeli micro SD. Semoga kamu bisa semakin berhati-hati agar tidak rugi karena membeli micro SD yang palsu atau bahkan tidak bisa terpakai.

Sumber:
http://www.suara.com/tekno/2016/05/24/160205/penting-periksa-5-hal-ini-sebelum-membeli-kartu-microsd

No comments:

Post a Comment