Tread Wear Index
Adalah nilai dari kekerasan compound ( karet ban ) biasannya dinilai dari angka 180 - 420. Perbedaan angka misalnya angka 200 dan 300 itu menandakan bahwa usia pakai/ nilai keausan dari 300 adalah 1,5 kali dari 200. semakin tinggi angka semakin keras kompound karet dan semakin awet.
Traction Index
Ketebalan Ban Mempengaruhi Performa dan Kenyamanan
Adalah nilai sebuah ban yang menentukan kemampuan dia berhenti di trek basah, nilai traction index biasannya mulai dari yang tertinggi A hingga C.
Umur Ban
Adalah kode usia Ban waktu ban tersebut diproduksi , Konon Standart pabrikan adalah 2+3 tahun ( 2 tahun untuk masa di toko sebelum laku terjual dan 3 tahun adalah masa pakai. ) jadi bila ban anda sudah berumur 5 tahun walaupun masih tebal, bersiaplah2 untuk diganti .. karena nilai elastisitas karet sudah jauh menurun.
Kode umur Ban biasannya terdiri dari 4 angka, dimana 2 angka pertama adalah menentukan Minggu ban tersebut dibuat dan 2 angka terakhir adalah Tahun produksi
Speed Rating
Menentukan Batas kecepatan maksimal ban yang boleh melaju di jalan angka dalam Km / Jam
N=140
P=150
Q=160
R=170
S=180
T=190
U=200
H=210
V=240
W=270
Y=300
Z/ZR-= diatas 240
Load Index
Tabel beban maks yang bisa diterima dalam satu Ban. dalam arti nilai dari satu ban misal angka 108 = 1000kg jadi mobil anda ada 4 ban brarti 4x1000kg. jadi total berat kendaraan dan muatan engak boleh lebih dari 4 ton.
Tabel berdasarkan kg
Misalnya tertulis di ban Anda sebagai berikut :
235/70R15 108U *2312*
keterangan:
235 = ban memiliki lebar 235 milimeter,
70 = aspek rasio = dengan ketebalan ban 70%x235mm = 164,5mm Ban R15= memiliki Ring diameter 15 inchi
108 = mempunyai daya angkut 1000kg ( total 4x1000kg)
U = Kecepatan max 200km/jam
2307 = ban diproduksi pada minggu ke 23 di tahun 2012
Adalah nilai dari kekerasan compound ( karet ban ) biasannya dinilai dari angka 180 - 420. Perbedaan angka misalnya angka 200 dan 300 itu menandakan bahwa usia pakai/ nilai keausan dari 300 adalah 1,5 kali dari 200. semakin tinggi angka semakin keras kompound karet dan semakin awet.
Traction Index
Ketebalan Ban Mempengaruhi Performa dan Kenyamanan
Adalah nilai sebuah ban yang menentukan kemampuan dia berhenti di trek basah, nilai traction index biasannya mulai dari yang tertinggi A hingga C.
Umur Ban
Adalah kode usia Ban waktu ban tersebut diproduksi , Konon Standart pabrikan adalah 2+3 tahun ( 2 tahun untuk masa di toko sebelum laku terjual dan 3 tahun adalah masa pakai. ) jadi bila ban anda sudah berumur 5 tahun walaupun masih tebal, bersiaplah2 untuk diganti .. karena nilai elastisitas karet sudah jauh menurun.
Kode umur Ban biasannya terdiri dari 4 angka, dimana 2 angka pertama adalah menentukan Minggu ban tersebut dibuat dan 2 angka terakhir adalah Tahun produksi
Speed Rating
Menentukan Batas kecepatan maksimal ban yang boleh melaju di jalan angka dalam Km / Jam
N=140
P=150
Q=160
R=170
S=180
T=190
U=200
H=210
V=240
W=270
Y=300
Z/ZR-= diatas 240
Load Index
Tabel beban maks yang bisa diterima dalam satu Ban. dalam arti nilai dari satu ban misal angka 108 = 1000kg jadi mobil anda ada 4 ban brarti 4x1000kg. jadi total berat kendaraan dan muatan engak boleh lebih dari 4 ton.
Tabel berdasarkan kg
Index | Daya Angkut (kg) | Index | Daya Angkut (kg) |
71 | 345 | 91 | 615 |
72 | 355 | 92 | 630 |
73 | 365 | 93 | 650 |
74 | 375 | 94 | 670 |
75 | 387 | 95 | 690 |
76 | 400 | 96 | 710 |
77 | 412 | 97 | 730 |
78 | 425 | 98 | 750 |
79 | 437 | 99 | 775 |
80 | 450 | 100 | 800 |
81 | 462 | 101 | 825 |
82 | 475 | 102 | 850 |
83 | 487 | 103 | 875 |
84 | 500 | 104 | 900 |
85 | 515 | 105 | 925 |
86 | 530 | 106 | 950 |
87 | 545 | 107 | 975 |
88 | 560 | 108 | 1000 |
89 | 580 | 109 | 1030 |
90 | 600 | 110 | 1060 |
Misalnya tertulis di ban Anda sebagai berikut :
235/70R15 108U *2312*
keterangan:
235 = ban memiliki lebar 235 milimeter,
70 = aspek rasio = dengan ketebalan ban 70%x235mm = 164,5mm Ban R15= memiliki Ring diameter 15 inchi
108 = mempunyai daya angkut 1000kg ( total 4x1000kg)
U = Kecepatan max 200km/jam
2307 = ban diproduksi pada minggu ke 23 di tahun 2012
No comments:
Post a Comment